RUU Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) telah disahkan DPR RI pada Jumat (26/9) dini hari. Dimana, pilkada resmi dilakukan melalui DPRD.

Rapat paripurna DPR akhirnya ‘menyetujui’ dengan langkah voting Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah. Dimana dalam rapat itu diwarnai aksi walk out Fraksi Demokrat sehingga membuat kubu Koalisi Merah Putih memenangkan keputusan. Dari hasil Voting, sebanyak 226 suara memilih pilkada melalui DPRD. Sedangkan, pilkada langsung dipilih sebanyak 135 anggota.

Selama ini menurut sebagian masyarakat, Pilkada langsung oleh rakyat adalah keputusan yang terbaik. Karena dengan begitu, masyarakat bisa mengenal langsung calon pemimpinnya. Keputusan Pilkada dipilih DPRD membuat netizen kecewa kepada Susilo Bambang Yudhoyono dengan membuat tagar #ShameOnYouSBY.

#ShameOnYouSBY

#ShameOnYouSBY

Dari pantauan indopolitka.com, tagar #ShameOnYouSBY telah menduduki trending topik dunia urutan pertama pada pukul 11.39 AM, Jum’at, (26/9/2014).

Akun @sibijikopi misalnya, dia mencuitkan “SBY has two different faces. As president and as leader of party. Acting Innocence as president, act devil as party leader,” tulisnya dengan diakhiri taar #ShameOnYouSBY.

Begitu juga dengan akun Ulin Yusron, dia mengomentari sebuah link pemberitaan media elektronik yang menyebut  SBy sebenarnya mempunyai opsi sendiri jika usulan fraksi Partai Demokrat tidak dijadikan opsi ketiga, yaitu voting ditunda.

“Dramamu kali ini gak laku! Mau nyalahin fraksi demokrat ye, trus kamu ttp benar? #ShameOnYouSBY: http://m.detik.com/news/read/2014/09/26/094928/2701915/10/sby-opsi-pilkada-langsung-dengan-perbaikan-ditolak-pd-ingin-voting-ditunda ,” ketik ‏@ulinyusron.

Begitu juga akun @Verimuhlis, pengamat politik dri Konsep Indonesia (Konsepindo) Research & Consulting itu menyinggung wawancara SBY yang diunggah ke YouTube saat SBY menilai pilkada langsung cocok dengan sistem presidensial yang dianut Indonesia.

“Saya menunggu sampeyan diwawancara lagi di youtube dengan memakai baju biru kebesaran itu. #ShameOnYouSBY,” tulis veri Muhlis.

Lain lagi dengan Zuhairi Miswari, melalui akun twitternya, dia mengajak netizen untuk menjadikan #ShameOnYouSBY jadi trending topik dunia.

“Mari kita jadikan #ShameOnYouSBY sebagai trending topic selama seminggu!!!,” tulis @zuhairimisrawi.
Begitu juga dengan  Wicaksono alias Ndoro Kakung, social journalist ini terus memantau pergerakan tagar #ShameOnYouSBY.

“Memantau pergerakan tagar #ShameOnYouSBY,” cuit @ndorokakung. (ind)