Publik menaruh harapan besar terhadap komitmen Joko Widodo dalam menuntaskan kasus-kasus pelanggaran HAM dalam pemerintahannya mendatang.

“Banyak agenda yang menanti Jokowi-Jusuf Kalla. Dia menang karena isu HAM. Jokowi berutang pada opini yang dia bangun. Harapannya dia pro aspirasi rakyat, bukan terjebak pada lingkaran elit di lingkungannya,” kata Koordinator Peneliti Public Virtue Institute (PVI), Zely Ariane, di Jakarta, Jumat, (15/8).

Dalam riset PVI melalui sampel-sampel di media sosial dalam rentang pertengahan Mei-22 Juli 2014, ada lima isu teratas yang terbanyak dibicarakan netizen yakni korupsi dan peran KPK, kebhinekaan dan toleransi, hak dan kesejahteraan buruh, melawan lupa terhadap kejahatan HAM masa lalu serta Orde Baru dan Soeharto.

PVI memotret pandangan media sosial ini berdasarkan aktivitas netizen, pembicaraan para netizen terhadap isu-isu publik dengan difokuskan pada kicauan terbanyak, waktu, momen dan konteksnya, puncak dan turunnya pembicaraan, tingkat partisipasi dan diskusi antar netizen. (ant)