SERANG – Andika Hazrumy mendapatkan kepastian diusung Partai Golkar, politisi partai PDIP Rano Karno juga mendapatkan kepastian diusung PDIP.

Apakah Rano dan Andika bakal disandingkan pada Pilgub Banten 2017, Rano belum bisa menjawab. Ia pun menyerahkan pendampingnya pada DPP PDIP.

“Belum tahu saya. Saya belum bisa jawab sekarang. Tapi kalau soal kemistri merah (PDIP) dan kuning (Golkar) itu sudah berjalan lama. Tinggal siapanya, kembali lagi ke partai,” ujar Rano, Minggu (26/6), di rumah dinas gubernur saat buka puasa bersama pengurus PDIP se-Banten.
Menurut Rano, dalam pemasangan bakal cagub dan cawagub yang penting ada kemistri dan pandangan antar-kedua calon dan partai pengusungnya. “Kemistri dan pandangan harus sama, selebihnya tinggal teknis,” katanya.

Rano melanjutkan, siapapun masih berpeluang untuk maju mendampinginya, baik dari partai maupun dari kalangan birokrat. Jika melalui jalur partai, PDIP harus menyunting partai lain agar memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning menyatakan bahwa partai telah memutuskan Rano Karno sebagai bakal calon gubernur pada Pilgub Banten 2017.

“Kami menyampaikan bahwa pengurus pusat mengusung Rano Karno untuk maju pada Pilgub 2017 mendatang. Rano merupakan kader yang tepat untuk memenangkan pilkada,” ujarnya di hadapan para pengurus PDIP.