Pengamat Politik dari Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti berpendapat, bahwa saat ini yang memegang kendali dalam Koalisi Merah Putih bukanlah Partai Golongan Karya, melainkan Partai Demokrat. Menurut Ray, saat ini, Demokrat memiliki kartu sakti untuk mengendalikan KMP.

“Kartu Demokrat adalah mengancam pindah (ke Koalisi Indonesia Hebat),” ujar Ray, usai menghadiri sebuah seminar di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ciputat, Tangerang Selatan, Sabtu (13/12/2014).

Menurut Ray, Demokrat memiliki peran besar di KMP. Jika Demokrat pindah ke KIH, maka kursi untuk KIH akan melampaui kursi KMP. Karena itu, KMP akan berupaya untuk mempertahankan Demokrat agar tidak masuk ke dalam KIH. Ray mengatakan, Partai Demokrat akan memegang kendali untuk mengendalikan KMP.

“Demokrat tidak akan pindah ke KIH. Kenapa? Karena selama dia bisa kendalikan KMP, dia akan di KMP. Dengan senjata saya pindah, saya pindah, itu akan menyandera KMP sendiri,” ucap Ray.

Dengan posisi seperti itu, lanjut Ray, Demokrat akan banyak mendapat keuntungan. Demokrat, kata dia, hanya perlu memberi tekanan kepada kubu KMP untuk memperoleh keuntungan-keuntungan.

“Mau tidak mau Demokrat diuntungkan dengan posisi ini. Tinggal tekan saja KMP. Apa-apa minta, apa-apa minta,” kata Ray. (tbn/ind)