Indopolitika.com Partai Demokrat (PD) menyatakan dukungan para anggota Fraksi Partai Demokrat di DPR untuk capres Prabowo Subianto bukan merupakan sikap resmi partai. Sikap itu dinilai hanyalah bentuk usaha dari para caleg incumbent untuk tetap ‘eksis’.

“Itu inisiatif masing-masing kader mengajak temannya. Apalagi mereka-mereka sudah tidak terpilih lagi, siapa tahu kan mereka terpanggil jadi salah satu menteri, komisaris BUMN, atau Duta Besar,” kata Juru Bicara PD Ruhut Sitompul, Senin (16/6/2014).

Ruhut menyatakan, sebagian besar caleg DPR incumbent memang tak terpilih lagi. Maka mereka ‘menjajal peruntungan’ lewat aksi mendukung salah satu capres.

“Kalau orang Betawi bilang itu ‘usahe-usahe’. Dari 148 anggota FPD di DPR, hanya 37 orang yang bisa tinggal (terpilih lagi). Saya menghormati usaha kawan-kawan, siapa tahu mereka jadi menteri, komisaris BUMN, atau Dubes,” tutur Ruhut setengah berkelakar.

Lebih lanjut, Ruhut menegaskan, sikap resmi PD masih netral. Bahkan, sikap ini akan terus dipertahankan hingga Pilpres 2014 berakhir dan dilanjutkan dengan mengambil posisi di luar pemerintahan.

“Kami akan terus netral,” ujar Ruhut. (Ind/dtk)