Pengamat sekaligus CEO Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Djayadi Hanan, mengungkapkan bahwa pasangan petahana Airin Rachmy Diany-Benyamin Davnie masih merupakan kandidat kuat untuk memenangkan Pilkada Tangsel 2015.

“Saya lihat petahana masih kuat, karena didukung masyarakat menengah ke bawah dan juga kaum perempuan,” kata Djayadi seperti dilansir Rappler, Selasa, 8 Desember.

“Nanti akan tergantung juga pada partisipasi kalangan menengah ke atas Tangsel yang mencapai 30 persen. Kalau mereka bisa datang ke TPS (tempat pemungutan suara), mungkin pertarungan bisa ketat,” ujarnya.

Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ada di belakang pasangan Airin-Davnie.

Pasangan lain yang menjadi kompetitor Airin-Benyamin adalah Ikhsan Modjo-Li Claudia dan Arsid-Elvier Ariadiannie.

Ikhsan-Li Claudia didukung oleh Partai Demokrat dan Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), sedangkan Arsid-Elvier mengantongi dukungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Hati Nurani Rakyat (Hanura). (ris/ind)