Nama Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf yang akrab disapa Gus Ipul diusulkan menjadi anggota Dewan Pertimbangan Partai NasDem Jawa Timur.

“Saya yang akan usulkan ke Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh, agar Gus Ipul diangkat sebagai Dewan Pertimbangan,” ujar Ketua DPW NasDem Jatim Effendi Choirie usai peresmian kantor baru di Surabaya, Ahad, (11/1).

Menurut dia, sosok Gus Ipul sudah tidak perlu diragukan lagi ketokohannya, baik dari sisi politik, nasionalis, hingga hubungannya dengan masyarakat secara luas.

Pihaknya berharap tawaran ini semakin memperkuat Partai NasDem ke depan dan semakin mendapat simpati dari rakyat, khususnya di Jawa Timur.

Diusulkannya nama mantan Ketua Umum GP Ansor tersebut, kata dia, muncul menyusul adanya wacana maju dalam Pemilihan Gubernur Jatim 2019.

“Memang Nasdem Jatim belum memastikan dukungan. Tapi yang jelas Gus Ipul itu sahabat saya dan dia merupakan alternatif utama diusung Partai NasDem,” katanya.

Mantan politisi PKB itu menyebut Gus Ipul sebagai kandidat kuat yang digadang-gadang melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Gubernur Soekarwo.

“Sayangnya Gus Ipul belum memiliki kendaraan partai. Kami hanya menawarkan, kalau Gus Ipul mau bergabung, akan saya usulkan ke pusat secepatnya,” kata politisi yang akrab disapa Gus Choi tersebut.

Sementara itu, Gus Ipul ketika dikonfirmasi mengaku masih belum memikirkan niatan masuk partai politik manapun dan fokus terhadap tugas serta amanatnya menjadi wakil gubernur hingga akhir masa periode.

“Saya masih konsentrasi mendampingi Pakde Karwo sehingga belum berfikir masuk partai untuk saat ini, termasuk persiapan pemilihan gubernur yang masih jauh,” katanya menerangkan.

Mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal tersebut juga mengaku belum mau terganggu dengan agenda partai politik dan ingin istirahat dari kepengurusan partai.

“Dulu bahkan sudah jadi sekretaris jenderal di DPP, jadi sekarang tidak berfikir ke arah sana lagi. Sekali lagi, saya masih fokus menjalankan amanat sebagai wakil gubernur,” kata Gus Ipul menerangkan. (rep)