Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR, Herman Khaeron meminta seluruh kader partai berlogo bintang mercy memberikan jalan yang mulus kepada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), untuk kembali memimpin partai.

Herman mengaku menyampaikan hal ini karena mulai menguatnya suara elite PD yang tidak menghendaki SBY kembali menjadi ketua umum partai yang akan ditentukan lewat kongres tahun depan.

“Saya kira sebaiknya beliau (SBY) diberi jalan mulus tetap memimpin PD,” kata Herman lewat pesan singkat di Jakarta, Selasa (16/12).

Ketua DPP PD ini menilai sosok SBY masih dibutuhkan sebagai perekat dan pemersatu kader. “Rakyat juga masih memberi hormat dan harapan terhadap Pak SBY untuk terus berkarya dan berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara. Pak SBY masih menjadi magnet bagi PD pada pemilu yang akan datang,” tuturnya.

Terkait pernyataan elite PD Ahmad Mubarok yang menilai SBY sudah tak pantas menjadi ketum, dan hanya layaknya jadi penasihat dan inspirasi bagi kader, menurut Herman itu cara pandang Mubarok. “Tergantung bagaimana cara pandang kader kepada beliau,” tegasnya.

Wakil Ketua Komisi IV DPR ini juga menyebut peluang SBY untuk terus memimpin PD sangat besar jika kembali dicalonkan dalam kongres mendatang. Namun Herman belum mau berandai-andai apakah SBY bakal terpilih aklamasi atau tidak. “Dukungannya besar tapi mengenai hal lain saya kira terlalu pagi untuk dibicarakan,” tandas Herman. (jp/ind)