Indopolitika.com  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) angkat bicara terkait hasil hitung cepat di berbagai lembaga survei yang mengunggulkan masing-masing kandidat dalam Pilpres 2014.

SBY mengaku ia mendapat informasi langsung dari masing-masing pasangan yang bertarung. “Pelaksanaan hitungan cepat saya juga menyimak, yang dilakukan oleh Prabowo-Hatta maupun Jokowi-JK. Saya juga dengar langsung bahwa baik Jokowi dan JK maupun Prabowo dan Hatta,” kata SBY di kediamannya, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/7/2014).

Menurut SBY, hasil dari sejumlah lembaga survei itu menunjukan semua rakyat mendukung masing-masing pasangannya. “Berdasarkan hasil perhitungan rujukannya sejumlah lembaga survei, atas rujukan itulah saya kira rakyat melihat mendeklarasikan dukungannya,”ucapnya.

Kendati demikian, dia meminta kedua pasangan untuk menunggu hasil resmi penghitungan suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Saya cermati semua lembaga survei yang dirujuk Prabowo memenangkan Prabowo-Hatta. Dan semua lembaga survei yang dirujuk Jokowi memenangkan pasangan itu. Kalau itu yang dirujuk, maka keduanya menyatakan menang berdasarkan hasil perhitungan cepat, belum berdasarkan perhitungan resmi KPU,” pungkasnya. (oz/ind)