Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ketua Umum Partai Demokrat menerima kunjungan delegasi Koalisi Merah Putih di kediaman pribadi SBY di Puri Cikeas Indah, Bogor, Selasa (2/9). Dalam keterangan pers seusai pertemuan, SBY menyatakan komunikasi antara dirinya dengan delegasi Koalisi Merah Putih berlangsung konstruktif.

“Dan semua berniat dan bertekad untuk menjadi bagian dalam pembangunan bangsa untuk ikut mematangkan kehidupan demokrasi di negeri tercinta ini,” kata SBY.

Dalam pertemuan, SBY mengatakan Koalisi Merah Putih menyatakan telah menerima hasil Pemilihan Umum Presiden 2014. Yang mana seperti kita ketahui, pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla telah ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Sebagai bakti koalisi kepada negara, SBY menyebut perjuangan akan dilanjutkan di bidang politik, khususnya di tataran parlemen, Koalisi Merah Putih akan mengawal jalannya roda pemerintah sebagai penyeimbang. Harapannya agar arah atau haluan negara melalui kebijakan-kebijakan pemerintah berjalan sesuai koridor.

“Itu sah dan sesuai dengan nilai-nilai demokrasi dan konstitusi,” kata Presiden keenam RI tersebut.

Lebih lanjut, ia menekankan pertemuan semacam ini bukan yang terakhir. Terlebih, sejumlah petinggi partai Koalisi Merah Putih semisal Aburizal Bakrie (Golkar) hingga Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto berhalangan hadir.

“Mereka ingin komunikasi dengan setelah kembali dari luar negeri. Saya sediakan waktu,” jelasnya.

Turut hadir dalam pertemuan sejumlah petinggi koalisi antara lain Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa, Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, Sekretaris Jenderal Partai Golongan Karya Idrus Marham, Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Emron Pangkapi dan Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang BM Wibowo. (rep/ind)