SBY Tegaskan Tidak Akan Pengaruhi Hasil Pilpres

"Ada yang mengira presiden punya power untuk mempengaruhi hasil pilpres. Saya katakan, tidak ada," kata SBY


Indopolitika.com Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali menegaskan posisinya dalam pemilu presiden. SBY menyatakan bahwa dirinya tetap menjadi pihak yang netral di antara kubu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Hal itu disampaikan SBY saat membuka sidang kabinet paripurna, di kantor kepresidenan, Jakarta, Jumat, (11/7). “Posisi saya jelas, baik secara pribadi maupun kepala negara saya berada di tengah. Harus menjadi bagian dari soluasi dan mengelola isu ini dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

SBY mengungkapkan, banyak pihak yang menudingnya akan menggunakan kekuasaannya dalam pilpres kali ini. Namun, hal itu ditampiknya.

“Ada yang mengira presiden punya power untuk mempengaruhi hasil pilpres. Saya katakan, tidak ada,” sambungnya.

Jika ada perselisihan menyangkut pemilu, kata dia, dapat diselesaikan di Mahkamah Konstitusi (MK). Kekuasaan, lanjutnya, justru berada di tangan MK dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

SBY hanya menjanjikan bahwa  secara moral ia bertanggung jawab agar pilpres ini berjalan baik dan demokratis. “Pada 20 Oktober nanti saya akan digantikan oleh presiden hasil pemilu ini. Saya harap seluruh pihak menempati agenda nasional ini, jangan sampai mundur. Mari kita berusaha supaya tanggal 20 Oktober nanti tepat melantik presiden pengganti saya,” tandasnya. (jp/ind)

Next post Yunus Yosfiah Gantikan Mahfud MD di Tim Prabowo-Hatta

Previous post Sumbang 1 M Untuk Palestina, Prabowo Sebut Kalau Bantu Jangan Jangan Hanya di Mulut

Related Posts