Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menilai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) adalah partai yang memiliki ideologi dan panduan atau konsep yang jelas. Pemilu 2014 membuktikan hal tersebut, ketika ajaran Trisakti dikedepankan kembali melalui 9 program nawacita.

“Di usia ke-42, PDIP menunjukkan sebagai partai yang memiliki ideologi jelas. Bila selama satu periode ini PDIP bisa mewujudkan program nawacita yang ditunggu-tunggu rakyat, tak tertutup kemungkinan PDIP masih akan disukai atau diminati rakyat,” kata peneliti senior dari LIPI Siti Zuhro di Jakarta, Jumat (9/1).

Menurutnya, PDIP bisa lebih jaya lagi kalau konsiten dan setia pada rakyat. Ajang pilkada serentak yang akan digelar tahun ini bisa menjadi momen bagi PDIP untuk memilih calon kepala daerah sesuai harapan rakyat.

“Bila bisa memunculkan kepala-kepala daerah yang amanah yang mampu memajukan daerah dan menyejahterakan rakyat, nama PDIP akan semakin populer dan dipercaya rakyat. Bila kepercayaan rakyat masih bisa dijaga ke PDIP, pemilu serentak 2019 bisa jadi tetap menjadi milik PDIP,” tuturnya. (sp/ind)