Kongres IV PAN Bali resmi menetapkan Soetrisno Bachir sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP) DPP Partai Amanat Nasional. Tris -sapaan akrabnya- terpilih secara aklamasi menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat Amien Rais.

“Kita putuskan Ketua MPP aklamasi, Oleh karena itu, kita persilakan Soetrisno Bachir untuk memberikan kesediaan,” kata pimpinan pleno, Taufik Kurniawan, Senin (2/3).

Ya, pemilihan ketua MPP PAN tidak sesengit pemilihan ketum antara Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan. Sebab, Tris tidak ada lawan tanding. Peserta kongres sepakat yang dicalonkan menjadi ketua MPP.

Setelah menetapkan Soetrisno Bachir menjadi ketua MPP, Amien Rais didapuk menduduki posisi Ketua Dewan Pakar, sebuah struktur baru yang dibentuk pada kongres kali ini.

Di depan peserta kongres, Soetrisno menyampaikan terima kasih karena banyaknya dukungan yang diberikan kepada dirinya. Mantan Ketua Umum PAN periode 2005-2040 itu mengaku tidak bisa menolak dukungan yang diberikan.

“Ada permintaan dari Pak Zulkifli, dan yang tidak bisa ditolak adalah permintaan imam besar kita, Pak Amien Rais,” katanya dalam pidato singkat di arena kongres.(jp/ind)