JAKARTA – Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI) merilis survei terbaru terkait Pilkada Kota Palembang. Survei yang berlangsung pada 2 – 8 September berhasil memetakan tingkat popularitas dan elektabilitas beberapa tokoh yang sudah mensosialisasikan diri untuk maju dalam perhelatan itu. Rilis survei dilakukan di Jakarta, Senin, 11 September 2017.

Peneliti LSPI Rachmayanti Kusumaningtyas menjelaskan popularitas dari 15 nama yang diuji, lima nama teratas saat ini adalah Harnojoyo 91,2 persen, Sarimuda 80,7 persen, Mularis Djahri 78,8 persen, Lury Elza Alex 49,8 persen dan Fitrianti Agustinda 42,2 persen. Kemudian elektabilitas 15 nama secara tertutup, didapat data berikut; Mularis Djahri 25,4 persen disusul Harnojoyo 23,1 persen, Sarimuda 22,3 persen, Lury Elza Alex 8,5 persen, Fitrianti Agustinda 4,2 persen dan Yudha Pratomo Mahyudin 1,6 persen sementara pemilih yang belum menentukan pilihan mencapai 10,6 persen.

Koordinator wilayah barat LSPI, Muchtar S. Shihab menjelaskan pasangan Mularis – Lury Elza Alex Noerdin memiliki peluang menang lebih besar dibanding yang lain. Secara personal Mularis memiliki elektabilitas sebesar 25,4 persen dan Lury Elza sebesar 8,5 persen, jika digabung elektabilitas keduanya akan berjumlah 33,9 persen. “Jika keduanya jadi berpasangan, sebagaimana banyak muncul dalam berbagai alat peraga dan aktivitas kampanyenya, peluang menang mereka cukup besar,” ujarnya.

Selain itu Muchtar juga menjelaskan terjadinya peningkatan elektabilitas Mularis Djahri. Dari dua kali survei yang dilakukan Survei September ini menurut Muchtar Pada survei LSPI 28 April sampai 4 Mei 2017 lalu, posisi pertama diduduki Sarimuda dengan elektabilitas sebesar 24,7 persen kemudian Harnojoyo, 20,9 persen dan Mularis Djahri, 18,1. (Fid/AJ)