Survei Populi: Jokowi-JK 47,5 Persen, Prabowo-Hatta 36,9 Persen, Belum Tentukan Pilihan 14,4 Persen


Indopolitika.com – Hasil survei menjelang Pilpres 2014 yang dirilis Lembaga survei Populi Center menunjukkan persaingan antara Jokowi – Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto – Hatta Rajasa berlangsung ketat. Dalam survei bertajuk ‘Trajektori Politik 2014: Menuju Pemilihan Presiden yang Kompetitif’ jika Pilpres digelar saat ini, Jokowi – JK masih menang.

“Jokowi – JK mendapatkan angka elektabilitas 47,5 persen, sedangkan Prabowo – Hatta sebesar 36,9 persen dan yang belum menentukan pilihan sebesar 14,4 persen. Dari temuan ini, selisih elektabilitas antara Jokowi – JK dan Prabowo – Hatta lebih kecil dari mereka yang bisa digolongkan sebagai undecided voters,” ujar Ketua Populi Center Nico Arjanto saat presentasi kepada wartawan di Rarampa Resto Jalan Mahakam Raya II No 1 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (4/6).

Lebih lanjut, berdasarkan survei ini tampak bahwa Pilpres 2014 akan berjalan kompetitif. Menurut dia, masing-masing pasangan capres dan cawapres masih memiliki peluang untuk menang.

“Peluang untuk menyalip masih ada, penentu dalam pemenangan itu dilihat kampanye efektif, debat capres-cawapres dengan sebaik-baiknya, dan kampanye menarik undecided voters ini merata. Saya kira semua unsur ini penting,” ucap dia.

Survei ini menggunakan wawancara tatap muka yang dilakukan di seluruh 33 provinsi pada tanggal 24 sampai 29 Mei 2014. Sampling yang digunakan sebanyak 1.500 responden dipilih secara acak bertingkat (multi random sampling) dengan margin of eror = 2.53 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen. (*/ind)

Next post Inilah Sepuluh Pesan FPI Untuk Prabowo-Hatta

Previous post Gus Sholah: Sampai Saat Ini, Saya Tidak Mendukung Salah Satu Calon

Related Posts