Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Susi memperoleh penghargaan sebagai perempuan pertama yang menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan RI. Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani juga mendapat penghargaan Rekor MURI sebagai perempuan pertama yang menjadi menteri koordinator di Indonesia dan menteri koordinator termuda (41 tahun).

“Ini alasan (Puan) adalah peremuan pertama yang menjadi menko dan beliau menko termuda dalam sejarah. Dan ini (Susi) menteri perempuan pertama untuk kelautan dan perikanan,” ujar Pendiri Muri, Jaya Suprana, di Balairung Jaya Suprana School of Performing Arts, Mall of Indonesia, Jakarta, Selasa (27/1/2015) malam.

Susi mengaku terkejut ketika mengetahui memperoleh penghargaan dari Muri. Dia merasa belum pantas untuk memperoleh penghargaan tersebut.

“Ini luar biasa. Ini saya enggak pantas (dapat penghargaan), Pak Jaya memang paling bisa untuk mengapresiasi semua orang,” kata Susi.

Sementara Puan Maharani mengatakan, penghargaan yang diperolehnya dipersembahkan untuk perempuan-perempuan Indonesia. Penghargaan ini, kata Puan, harus menjadi tantangan bagi perempuan Indonesia untuk bisa berprestasi lebih banyak lagi demi kemajuan bangsa Indonesia ke depan.

“Ini tidak membuat kita bersombong diri, tetapi menjadi tantangan perempuan Indonesia untuk bisa membangun bangsa ke depan,” kata Puan.

Pemberian penghargaan terhadap Puan dan Susi sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-25 Muri. Selain itu, acara tersebut juga sekaligus peresmian galeri Muri yang berlokasi di LG Floor Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta. Galeri ini diresmikan oleh Puan Maharani.

Selain Puan dan Susi, hadir pula Ketua Komisi Pemilihan Umum Husni Kamil Manik yang juga memperoleh penghargaan sebagai Penyelenggara Pemilihan Anggota DPR, DPD, dan Presiden oleh pemilih terbanyak. Total ada sebanyak 12 penganugerahan piagam Muri yang diberikan dalam acara tersebut. (kp/ind)