Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) versi kubu Suryadharma Ali, Syaifullah Tamliha mensyaratkan kader partainya jika ditarik jadi menteri di kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) harus mundur dari partai. Namun itu tidak berlaku bagi Lukman Hakim Saifuddin.

Lukman yang kini menjabat Menteri Agama menggantikan Suryadharma Ali (SDA), yang tersangkut kasus korupsi, menurut Tamliha, tidak perlu mundur dari keanggotaan partai karena dia sudah menyerahkan jabatan Waketum ke DPP PPP.

“Ya (kalau Lukman) gak perlu keluar dong, kan sudah tidak menjadi wakil ketua umum lagi. Kita wakafkan Lukman Hakim Saifudin untuk jadi menteri Jokowi-JK,” katanya di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (17/9).

Menurut Tamliha, Lukman memang figur yang bagus menjadi Menag, apalagi dia juga putra dari mantan Menag era Presiden Soeharto dan lulusan pesantren.

“Dia orang yang konstitusional karena sudah mengembalikan jabatan wakil ketua umum secara ikhlas kepada SDA yang telah menunjuknya sebagai wakil ketua umum. Sehingga tidak ada beban jadi menteri,” jelasnya. (jp/ind)