Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan menegaskan bahwa partainya berkomitmen penuh mendukung Perppu Pilkada. Demokrta pun siap jika harus berseberangan dengan Koalisi Merah Putih (KMP).

“Itu (Perppu Pilkada) bagi Demokrat sangat prinsip,” kata syarief di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (5/12).

Syarief mengatakan, selama ini Demokrat tidak pernah resmi bergabung dengan KMP. Karenanya, tidak haram bagi Demokrat untuk berseberangan dengan koalisi yang dimotori Partai Golkar itu.

Yang jelas, lanjut Syarief, Demokrat kecewa dengan sikap KMP yang kini menolak Perppu Pilkada. Padahal, sebelumnya mereka sudah membuat perjanjian dengan Demokrat untuk mendukung perppu tersebut.

“Sekarang mereka bilang katanya bukan menolak perppu tapi memperjuangkan pilkada lewat DPRD, itu kan sama aja kan. Sangat disayangkan sekali kok bisa ingkar begitu,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikannya, Demokrat siap bahu membahu dengan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) mendukung Perppu Pilkada. Ia yakin, dengan dukungan KIH Perppu Pilkada akan disahkan menjadi undang-undang oleh DPR.

“Karena konstelasi politiknya KIH ada lima fraksi, kemudian mereka sepakat dengan Demokrat. Saya juga tahu ada beberapa anggota KMP setuju dengan Demokrat. Insya Allah kalau konstelasinya demikian akan disetujui,” pungkas mantan menteri ini. (jp/ind)