Ini jawaban saya untukk tulisan Rudi Suteja di Kompasiana (Pondok Pesantren Terbesar Se Jawa Barat & Banten Terlihat Dukung Ahok):

Sdr Rudi Suteja yang baik. Saya keberatan dengan tulisan anda mengenai saya, terutama menyangkut nama Pesantren Daar el-Qolam almamater saya. Anda salah total menyatakan bahwa Pesantren Daar el-Qolam mendukung Ahok. Saya ketemu dan menerima Ahok di rumah ibu Omi Komaria di Tanah Kusir pada kamis 23 Maret sebagai Ketua Nurcholish Madjid Society sekaligus sebagai tuan rumah mewakili keluarga Cak Nur. Jadi saya tidak pernah mengatakan bahwa saya mewakili Pesantren Daar el-Qolam.
Saya memperlakukan Ahok sebagai tamu yang layak dihormati. Dalam sambutan saya menjelaskan bahwa Nurcholish Madjid Society adalah yayasan yang didirikan untuk merawat & mengembangkan pikiran-pikiran keislaman Cak Nur. Saya tidak mengatakan mendukung atau tidak mendukung Ahok. Karena itu saya sangat keberatan terhadap tulisan anda tersebut.
Ada juga beberapa kutipan yang anda cantumkan di tulisan anda yang tidak benar. Saya akan menggunakan hak jawab saya utk menyanggah tulisan anda di waktu dekat. Yang jelas saya sangat dirugikan oleh tulisan anda tersebut. (*)