Indopolitika.com  Partai Golkar memastikan tiga kader yang dipecat tidak dapat menjadi anggota DPR lagi. Ketiganya. Nusron Wahid, Agus Gumiwang, dan Poempida Hidayatulloh yang dikenal sebagai pendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla telah dipecat dari Golkar

“Sudah otomatis (tidak bisa menjadi anggota DPR lagi),” kata Juru Bicara Golkar Tantowi Yahya, Rabu (25/6/2014).

Tantowi mengaku belum dapat menjelaskan secara detil aturan pemberhentian tiga orang itu dari DPR. “Itu sudah diputuskan oleh DPP, sudah final,” kata Wakil Ketua Komisi I DPR itu.

Tapi, Tantowi menjelaskan ketiganya masih dapat menempuh jalur hukum dengan mengadukan persoalan tersebut kepada Mahkamah Partai, sebagaimana diatur dalam Undang-undang Kepartaian.

“Kalau tiga teman baik saya itu tidak puas, maka mereka bisa menyampaikan gugatan ke Mahkamah Partai,” kata Tantowi.

Sebelumnya diberitakan, DPP Partai Golkar akhirnya memberhentikan tiga anggota DPR sebagai kader partai berlambang pohon beringin itu. Kabar pemecatan itu disampaikan Ketua Fraksi Golkar Setya Novanto di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/6/2014).

Tiga Anggota DPR yang dipecat sebagai kader Golkar yakni Nusron Wahid, Poempida Hidayatullah dan Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Sudah, kemarin melalui proses yang panjang, dari fraksi ke DPP, Dan DPP sudah membuat surat dua kali, dan telah diputuskan untuk memecat tiga orang itu, kemarin malam baru ditandatangani,” kata Setya Novanto.

Diketahui, ketiganya merupakan mendukung calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK).