Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 2015 untuk 204 daerah yakni provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia sudah jelas alias tidak ada masalah lagi.

“Soal Pilkada serentak sudah clear, secara pendanaan tangung jawab kemendagri,” kata Mendagri Tjahjo Kumolo seusai meninjau pelayanan perizinan di kantor Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) Surabaya, Rabu, 26 November 2014.

Menurut dia, mekanisme pelaksananan Pilkada nantinya akan diperketat salah satunya rekruitmen calon kepala daerah melalui partai politik harus lebih selektif.

“Saat ini tinggal menunggu Perppunya saja. Mudah mudahan minggu ini sudah ada rapat paripurna dan di DPRD sudah menyatu tidak ada koalisi A dan B sehingga pada Januari 2015, Perppu itu biasa dibahas,” katanya.

Ia sendiri optimistis jika Fraksi Partai Demokrat tidak akan mempermalukan Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang saat itu mengeluarkan Perppu Pilkada.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga menyiapkan opsi lain jika Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Pilkada ditolak oleh DPR RI.

“Kami siapkan plan A dan plan B. Tapi kami optimistis akan selesai di DPR,” katanya.

Saat ditanya, apa saja plan A dan plan B yang dimaksud, Tjahjo enggan mengatakan. “Plan A saja belum dibahas di DPR,” katanya. (ant)