Palembang – Tokoh sepuh NU Sumsel, KH M. Muddaris menyatakan dukungannya secara gamblang kepada Herman Deru. Ia berharap kader tulen NU ini bisa terpilih sebagai gubernur. Demikian disampaikannya dalam acara Konferensi Wilayah Ikatan Sarjana NU di Hotel Emilia, Palembang, Minggu (11/2). Mantan Ketua NU Kota Palembang dan Pimpinan PW NU Sumsel selama 15 tahun itu menyatakan dirinya tahu betul kiprah Herman Deru selama ini. “Beliau ini orang lama NU dan sudah berkiprah membesarkan NU. Kita harus dukung beliau untuk menjadi Gubernur Sumsel,’’ ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama (ISNU), DR. H. Ali Masykur Musa berpesan kepada Ketua Pengurus Wilayah ISNU Sumsel yang baru dilantik kembali untuk periode berikut, H. Herman Deru, untuk mengembangkan ekonomi warga NU dan umat Islam di Sumsel. Ia berharap Deru mampu mewujudkan umat Islam sebagai masyarakat ymandiri dan kuat ekonominya.

“Insya Allah jika menjadi Gubernur Sumsel nanti, dan kita harus dukung Beliau. Saya meminta Pak Herman Deru berkomitmen untuk mengembangan ekonomi umat Islam. Warga NU adalah mayoritas di Indonesia, bayangkan bila ekonominya kuat, pasti negara ini juga kuat,” ujarnya.

Ali Masykur menjelaskan, Herman Deru ini memiliki latar belakang sebagai pengusaha sukses. Karenanya ia yakin Deru dapat menjadikan ISNU Sumsel sebagai motivator dan fasilitator agar dunia wirausaha di Sumsel lebih berkembang lagi. “Warga NU harus diajak rame-rame menjadi pengusaha,’’ pungkasnya.