Pemilihan calon ketua DPR baru terus menjadi perhatian publik. Tak terkecuali para aktivis sosial media. Pengamat media dari Indexpolitika, Denny Charter mengatakan isu calon ketua DPR menjadi isu pembicaraan di sosial media terutama twitter. Isu lain yang tak kalah seru yaitu transisi pemerintahan SBY ke Jokowi, susunan kabinet Jokowi, dan belakangan isu pemilihan kepala daerah oleh DPR.

Menurut Denny, pembicaraan calon ketua DPR di sosial media didominasi oleh nama seperti Puan Maharani dan Setyanovanto. “Puan Maharani dan Setyanovanto dua nama yang paling banyak dibicarakan sebagai calon ketua DPR,” ujar Deny, Selasa, (15/9).

Namun menurut Denny kedua nama ini memiliki tone perbincangan yang berbeda jauh. Setya Novanto memiliki tone sangat negatif dibandingkan dengan Puan. “Tone perbincangan untuk Setyanovanto sangat negatif,” kata Denny.

Dalam pantauan indexpolitika, penolakan terhadap Setyanovato menjadi calon ketua DPR pernah masuk trend topic worldwide sebanyak 5 kali dalam periode September. Dengan diperbicangkan oleh ribuan akun twitter.

Menurut Denny, derasnya penolakan Setyanovanto di media sosial ini menunjukan gejala publik yang berharap elit politik pengelola bangsa bersih dan terbebas dari dugaan berbagai kasus korupsi. (ind)