Direktur Konsep Indonesia (Konsepindo) Research and Consulting, Veri Muhlis Arifuzaman, memaparkan ada sejumlah partai yang mirip PDIP dalam soal regenerasi kepemimpinan. Mereka adalah Gerindra, Demokrat, dan Hanura. Regenerasi kepemimpinan di partai-partai tersebut minim pengkaderan.

“Selama pendiri utamanya masih hidup, maka pasti dia yang memimpin,” jelasnya, Senin (22/9).

Setiap kali munaslub atau muktamar, tidak ada kader yang berani maju menjadi calon ketum, karena takut. “Dugaan saya sepanjang Megawati masih hidup dan sehat, akan terus diminta memimpin partai,” paparnya, mencontohkan kepemimpinan di PDIP.

Dia menyatakan hal ini adalah gejala umum yang terjadi di partai-partai yang didirikan oleh tokoh kuat. “Hal mana juga terjadi dan akan terus terulang di partai sejenis seperti Partai Demokrat bahkan kini Partai Gerindra,” imbuhnya.

Biasanya para pengurus akan takut mengisis jabatan ketua umum partai kecuali diperintah oleh tokoh pendiri, keluarga pendiri atau tokoh ideologis partai itu. Sepanjang tokohnya masih mau memimpin, tak akan ada pemilihan, yang ada pengukuhan. (rep/ind)