Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN Yahdil Abdil Harahap menyebutkan, peluang Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan menjadi ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) sangat besar dibanding Hatta Rajasa dan Drajad Wibowo.

“Kalau ketum ya Bang Zul (Zulkifli Hasan). Dukungan ke Bang Zul kuat. Hampir sebagian DPW dan DPD menginginkan Bang Zul, hampir 80 persen,” kata Yahdil di Jakarta, Selasa, (6/1/2015).

“Bang Zul termasuk paling kuat berdasarkan keinginan aspirasi dari bawah. Mayoritas mengingkan Bang Zul untuk maju dan pegang kendali partai di 2015-2020,” imbuhnya.

Ada faktor yang membuat Zulkifli Hasan menjadi kandidat kuat ketua umum PAN. Kata mantan angoota Komisi III DPR RI itu, tradisi di PAN, tidak pernah ada jabatan ketum dipimpin seseorang dua kali berturut-turut, baik era Amin Rais sampai Soetrisno Bachir. “Nah, tradisi ini harusnya tetap dijaga. Walau aturan partai memungkinkan incumbent maju lagi, tradisi yang sehat harus betul-betul dijaga oleh PAN,” tandasnya.

Pelaksanaan Kongres IV PAN akan digelar pada Maret 2015. Besok, DPP PAN akan mengelar rapat untuk memastikan waktu dan tempat pelaksanaan Kongres PAN. (ant)