Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan hubungan kemitraan strategis komprehensif Indonesia-Tiongkok paling dinamis di kawasan Asia Pasifik.

Demikian disampaikan Presiden Xi saat pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo di Balai Agung Rakyat di Beijing, Minggu, (9/11).

Selain itu, Presiden Xi juga mengatakan hubungan Indonesia dan Tiongkok telah berjalan sangat lama dan memiliki persahabatan yang dalam.

“Ada pepatah Indonesia berbunyi: jauh di mata dekat di hati. Meski pun dua negara terpisah oleh laut dan samudera luas, namun besarnya gelombang tidak menghalangi pertukaran kita, mulai dari pelayaran Laksamana Cheng Ho hingga Konferensi Asia Afrika,” kata Xi, berpantun.

Presiden Xi menambahkan,”kedua negara telah menjalin persahabatan yang dalam, dengan saling menghormati sebagai tetangga dan sahabat lama.”

Pada kesempatan itu, Presiden Xi Jinping menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Joko Widodo sebagai Presiden RI selama periode lima tahun kedepan.

“Saya yakin dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi, Indonesia akan semakin maju, termasuk dalam pembangunan dan pergaulan internasional,” ujarnya.

Presiden Xi Jinping yang antara lain didampingi Menteri Luar Negeri Tiongkok Wangg Yi berharap hubungan dan kerja sama Indonesia dan Tiongkok yang telah berjalan sangat baik, dapat lebih ditingkatkan di masa datang, dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Balai Agung Rakyat itu, Presiden Joko Widodo didampingi Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, dan Wakil Ketua DPD GKR Hemas. (ant)