1.743.343 Relawan Desa Lawan Covid-19 Terbentuk, Bertugas Siapkan Ruang Isolasi Hingga Dirikan Pos Jaga

  • Whatsapp
Menteri Desa dan PDTT Abdul Halim Iskandar saat menggelar konferensi pers virtual. (foto:Instagram Abdul Halim Iskandar)

INDOPOLITIKA.COM- Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Tranmigrasi (Kemendes PDTT) mengatakan, sebanyak 1.743.343 relawan desa lawan Covid-19 telah terbentuk di 61.670 desa untuk turut menangani dan melan wabah corona.

“Jadi jumlah relawannya menurut data kemarin mencapai 1.743.343 relawan,” kata Kemendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat konferensi pers melalui Webinar di Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Bacaan Lainnya

Menurut Abdul Halim, dengan jumlah relawan tersebut menunjukkan bahwa desa telah melakukan langkah-langkah nyata melawan wabah corona.

Jika dihitung berdasarkan rasio, antara jumlah relawan dan warga desa maka, rata-rata para relawan itu akan menangani 68 warga desa. “Kalau relawannya tambah dan jumlah orang yang ditangani di desa sedikit, jumlah yang ditangani para relawan juga berkurang,” ucapnya.

Abdul Halim melanjutkan, para relawan dewa itu memiliki sejumlah tugas antara lain, memberikan edukasi dan penerangan seputar virus Covid-19, mendata penduduk yang rentan sakit, menyiapkan suang isolasi Covid-19 di desa, menyediakan tempat cuci tangan di tempat umum dan terakhir menyemprotkan disinfektan di lingkungan desa.

“Mereka juga menyediakan alat kesehatan untuk deteksi dini dan perlindungan dan pencegahan penyebaran wabah Covid-19 serta berkoordinasi dengan tenaga kesehatan di puskesma,” tandas Abdul Halim.

Tugas lainnya, mereka juga menyediakan nomor telepon darurat ambulan dan rumah sakit, menyediakan alat deteksi dini non-medis, mendirikan pos jaga gerbang desa dan terakhir mengawasi jika ada kerumunan di desa mereka. (rma)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *