10 Makam Pasien Covid-19 Dibongkar Usai Keluar Hasil Tes Swabnya Negatif

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Setelah sebelumnya dimakamkan dengan prosedur penanganan Covid-19, sedikitnya 10 makam jenazah di tempat pemakaman umum (TPU) Cikadut, Kota Bandung dibongkar petugas. TPU ini adalah lahan pemakaman khusus untuk jenazah pasien COVID-19.

Pembongkaran dan pemindahan jenazah itu dilakukan atas permintaan keluarga setelah 10 jenazah tersebut dinyatakan negatif dari hasil swab test.  Sekretaris Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bandung Agus Hidayat mengatakan, ke-10 jenazah tersebut dipindahkan atas permintaan ahli waris untuk dimakamkan di tempat yang sesuai dengan keinginan keluarga.

Berita Lainnya

Keluarga ingin memindahkan jenazah yang sudah dikubur itu ke makam keluarga atau tempat pemakaman umum lainnya. Ia menuturkan ada sekitar 10 jenazah yang sudah dibongkar.

“Ada sekitar 10 jenazah. Digali lagi, karena ahli warisnya minta. Ada yang dipindah ke Subang, Sumedang,” kata Agus (3/7/2020.

Menurutnya, memang ada beberapa yang meninggal sebelum hasil tes keluar. Sedangkan menurut protokol kesehatan, pasien yang meninggal setelah empat jam harus sudah dimakamkan.

“Karena ketentuan kesehatan, 4 jam setelah kematian harus sudah dimakamkan. Ada yang masih PDP,” tuturnya menjelaskan. “Intinya yang dilakukan dengan prosedur COVID-19 belum tentu positif.”

Di TPU Cikadut terdapat 70 jenazah COVID-19 yang dimakamkan dengan protokol kesehatan dari Maret hingga Juli 2020.

“Jenazah yang dinyatakan positif COVID-19 dibebaskan dari biaya awal pemakaman sebesar Rp425.00 rupiah dan retribusi pertahun sebesar Rp20.000,” terang Agus. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *