10 Nama Diprediksi Isi Kabinet Baru Jika Reshuffle: Mantu Wapres, Ahok, Abdul Mu’ti Hingga Jimly

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Isu reshuffle kabinet Indonesia Maju semakin kencang berhembus. Sejumlah tokoh pun dikaitkan akan menjadi menteri baru Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun hingga kini, Presiden belum jua memutuskan siapa sosok pembantu yang akan digeser atau diganti. Padahal dari kabar yang beredar, Jokowi akan melakukan reshuffle pada pekan lalu sebagaimana diucapkan Tenaga Ahli Utama KSP, Ali Mochtar Ngabalin.

Berita Lainnya

Namun Ali menegaskan, nama menteri yang akan dilantik sepenuhnya hak prerogatif Jokowi. Seiring dengan isu reshuffle tersebut, sejumlah tokoh pun dikaitkan akan menempati posisi sebagai menteri Jokowi.

Misalnya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Bahlil Lahadalia, hingga yang terbaru, muncul nama Rapsel Ali yang merupakan menantu Wapres KH Ma’ruf Amin.

Dirangkum dari berbagai sumber seperti dikutip dari Tribunnews.com, inilah sejumlah tokoh yang dikaitkan akan menjadi menteri baru Jokowi:

1.  Nadiem Makarim

Saat ini, Nadiem Makarim mengisi pos Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Ali Ngabalin memperkirakan, Nadiem Makarim akan mengisi jabatan sebagai Mendikbud-Ristek.

Pasalnya, DPR sepakat menggabungkan antara Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Sehingga, ada kemungkinan, Nadiem Makarim bergeser posisi. Sayangnya, hal tersebut bertentangan dengan penilaian sejumlah pengamat yang berpendapat agar Nadiem Makarim diganti.

2. Bahlil Lahadalia

Bahlil Lahadalia saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Masih kata Ali Ngabalin, Bahlil masih akan dipercaya Jokowi sehingga diperkirakan, ia akan ditunjuk sebagai Menteri Investasi.

Senada dengan Nadiem, Bahlil dinilai Ngabalin sebagai menteri milenial dan orang berprestasi. Diketahui, Kementerian Investasi adalah kementerian baru yang akan melengkapi 34 kementerian yang sudah ada sebelumnya.

3. Muhammad Lutfi

Nama menteri lain yang disebut akan bergeser pos kementerian adalah Muhammad Lutfi. Saat ini, Muhammad Lutfi menjabat sebagai Menteri Perdagangan. Kabarnya, Muhammad Lutfi akan digeser menjadi Menteri Investasi.

Sebelum menjadi Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi pernah menjabat sebagai Kepala BKPM hingga duta besar. Namun beberapa waktu lalu, Muhammad Lutfi menjadi sorotan saat memerintahkan Kepala Bulog, Budi Waseso untuk mengimpor beras. Padahal saat ini tengah memasuki masa panen raya pertama yang berlangsung sepanjang Maret-April 2021.

4. Asman Abnur

Tokoh lain yang diprediksi masuk dalan jajaran kabinet Jokowi adalah Asman Abnur. Ia adalah politisi PAN sekaligus mantan menteri Jokowi di era Kabinet Kerja.

Sejumlah pihak menyebut, reshuffle kabinet kali ini juga untuk mengakomodasi PAN yang dipimpin Zulkifli Hasan.

Asman Abnur pernah menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) masa jabatan 2016 – 2018. Namun, Asman Abnur mengundurkan diri karena PAN tidak mendukung Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019.

5.Bambang Brodjonegoro

Selain ketiga nama di atas, masih ada Bambang Brodjonegoro yang disebut akan bergeser posisi. Bambang Brodjonegoro kini mengisi pos Kementerian Riset dan Teknologi.

Dengan digabungkannya Kemendikbud dan Kemenristek, ada kemungkinan posisi Bambang Brodjonegoro juga berganti. Apakah akan menjadi Mendikbud-Ristek atau justru mengisi jabatan baru.

Pengamat politik Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin memprediksi, Bambang Brodjonegoro akan digeser ke Kepala Otoritas Ibu Kota Negara (IKN).

6.Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Selain jajaran para menteri, sejumlah tokoh di luar mereka pun ikut disebut-sebut akan masuk dalam kabinet Indonesia Maju.

Satu di antaranya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Saat ini, Ahok menjabat sebagai Komisaris Utama Pertamina.

Pengamat menilai, sosok Ahok pantas untuk memimpin Kementerian Investasi karena dinilai cukup berkompeten.

Meski demikian, akan ada hal berat yang harus dihadapi Ahok untuk memacu investasi di Indonesia jika ia dipilih menjadi Menteri Investasi.

“Pak Ahok bisa jadi menteri yang bagus, tapi noise akan banyak terjadi kalau beliau yang jadi menteri investasi,” kata Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Piter Abdullah.

“Ahok juga sangat kontroversi yang tidak bagus nanti dampaknya sulit dalam upaya membangun koordinasi dengan semua pihak,” ungkapnya, Sabtu (17/4/2021).

7. Eddy Soeparno

Selain Asman Abnur, tokoh dari PAN yang juga dikaitkan akan menjadi menteri adalah Eddy Soeparno. Dalam partai berlogo matahari putih itu, Eddy Soeparno menjabat sebagai Sekjen PAN.

Antara Asman atau Eddy, satu di antara mereka, kabarnya akan mengisi posisi di Kementerian Perhubungan.

8. Abdul Mu’ti

Nama tokoh lain yang dikaitkan akan menjadi menteri adalah Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti.

Menurut Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, Abdul Mu’ti layak dipertimbangkan menjadi kandidat menggantikan Nadiem Makarim. “Rasanya PP Muhammadiyah pasti dukung kalau Prof. Abdul Mu’ti jadi Mendikbudristek,” katanya, Selasa (13/4/2021).

Namun, Abdul Mu’ti mengaku tidak mau berandai-andai mengenai kabar yang beredar. “Saya tidak mau berandai-andai,” kata dia.

Sebelumnya, Abdul Mu’ti pernah mendapat tawaran sebagai wakil menteri pendidikan. Sempat menyatakan bersedia, tapi Abdul Mu’ti berubah pikiran dan menolak jabatan itu karena merasa tidak mampu mengemban jabatan wakil menteri.

9. Jimly Asshiddiqie

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Jimly Asshiddiqie juga disebut sebagai sosok yang tepat untuk menjadi menteri. Hal ini diungkapkan pengamat politik sekaligus Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti.

Ray menilai, anggota DPD RI itu cocok untuk mengisi jabatan Mendikbud-Ristek. Menurutnya, Jimly punya ketertarikan luas bagi dunia riset dan perkembangan teknologi. “Kalau Kemendikbud ditambah Ristek, nampaknya, tidak tepat dijabat oleh Nadiem Makarim.”

“Nama Jimly Asshiddiqie layak dipertimbangkan masuk ke pos ini,” ungkap Ray, Jumat (16/4/2021).

10. Rapsel Ali

Nama terakhir yang muncul dalam isu reshuffle kabinet adalah anggota DPR Fraksi Nasdem, Muhammad Rapsel Ali. Muhammad Rapsel Ali adalah suami Siti Nur Azizah Ma’ruf sekaligus menantu Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

Di tengah wacana reshuffle kabinet, Rapsel Ali mengaku telah diundang ke Istana untuk menghadap Jokowi. Mantan Ketua Gabungan Perusahaan Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksindo) Sulawesi Selatan ini mengakui bertemu Jokowi pada Rabu (14/4/2021).

Soal ramainya pemberitaan akan masuk dalam kabinet, Rapsel Ali menanggapinya dengan santai. Ia hanya merasa sangat terhormat bisa bertemu Presiden dan membahas masalah kebangsaan. “Kami berdialog sambil jalan bersama,” kata dia.

Patut ditunggu, siapa yang akan dipilih Jokowi yang menjadi menteri barunya. Bisa jadi ada satu atau dua di antara tokoh di atas. Bisa jadi juga, tidak ada satu pun tokoh di atas yang terpilih alias Jokowi memilih sosok yang benar-benar baru. [ind]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *