Internasional

10 Pemimpin ASEAN Berkumpul di Bali Pekan Depan

Jubir Kemenlu Arrmanatha Nasir. (Foto: Medcom.id)

Jakarta: Kementerian Luar Negeri mengonfirmasi sepuluh kepala negara ASEAN akan hadir dalam pertemuan ASEAN Leaders Gathering di Bali pekan depan. Pertemuan tahunan ini membahas peningkatan pembangunan berkelanjutan di Asia Tenggara.

"Sepuluh kepala negara ASEAN sudah mengonfirmasi kedatangan mereka pada pertemuan ASEAN Leaders Gathering yang akan dilakukan pada 11 Oktober siang di Nusa Dua, Bali," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir dalam pesan singkat yang diterima Medcom.id, Sabtu 6 Oktober 2018.

ASEAN Leaders Gathering dilakukan di sela-sela rangkaian kegiatan internasional Pertemuan Tahunan IMF-Kelompok Bank Dunia (Annual Meetings International Monetary Fund-World Bank Group) 2018.

"Pertemuan ASEAN ini dibuat `back-to-back` dengan acara IMF tujuannya untuk memanfaatkan kehadiran Sekjen PBB, Presiden Bank Dunia, dan Managing Director IMF untuk membahas upaya sinergi agar mencapai sasaran pembangunan berkelanjutan (SDGs) di ASEAN," ujar Arrmanatha.

Tema pertemuan tersebut adalah 'Achieving SDGs and Overcoming Development Goals Through Regional Collaborative Action.'

Baca: Pemimpin ASEAN akan Hadiri Pertemuan IMF

Para pemimpin ASEAN akan membahas peluang dan tantangan yang dihadapi masing-masing negara dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Arrmanatha mengungkapkan hal tersebut untuk menyelaraskan SDGs dengan Visi ASEAN 2025.

Dia menambahkan pertemuan ini akan menjadi ajang menunjukkan keberhasilan pembangunan di ASEAN beberapa tahun terakhir. Pasalnya, dengan total produk domestik bruto (PDB) ASEAN pada 2017 mencapai USD2,5 triliun. ASEAN menjadi kekuatan ekonomi terbesar keenam di dunia dan ketiga di Asia.

Selain itu, rata-rata pertumbuhan ekonomi negara-negara anggota ASEAN mencapai 6,8 persen dalam beberapa tahun terakhir, dan angka tersebut di atas rata-rata nilai pertumbuhan ekonomi dunia.

"ASEAN akan terus mempertahankan pertumbuhan itu, tetapi juga akan memelihara pertumbuhan yang berkelanjutan," pungkas dia.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close