Internasional

100 Pasukan Afghanistan Tewas saat Bertempur Hadapi Taliban

Pasukan Afghanistan masih dihadapkan pada serangan dari kelompok Taliban (Foto: AFP).

Ghazni: Sedikitnya 100 pasukan keamanan tewas saat bertempur untuk mendorong kelompok Taliban dari kota Ghazni, Afghanistan. Pertempuran sendiri sudah berjalan empat hari.
 
Pengumuman itu datang ketika bala bantuan baru dikerahkan ke ibu kota Provinsi Ghazni dan serangan udara ditujukan pada posisi Taliban. 
 
"Sekitar 100 pasukan keamanan telah kehilangan nyawa mereka dan antara 20 hingga 30 warga sipil telah tewas," kata Menteri Pertahanan Afghanistan Tariq Shah Bahrami, seperti dikutip AFP, Selasa, 14 Agustus 2018.
 
"194 anggota musuh,-termasuk 12 komandan utama mereka,- juga telah tewas," tambahnya.
 
Bahrami menambahkan setidaknya 95 anggota militan Taliban tewas dalam serangan udara.
 
Jaringan komunikasi sebagian besar tetap turun, dan para pejabat enggan berbicara tentang situasi di kota, membuat informasi apa pun sulit untuk diverifikasi.
 
Serangan gencar terhadap Ghazni adalah upaya terakhir oleh Taliban untuk menggulingkan pusa kota. Insiden ini terjadi ketika tekanan meningkat pada Taliban untuk memulai pembicaraan damai dengan pemerintah untuk mengakhiri perang hampir 17 tahun.
 
Ini juga merupakan operasi taktis terbesar yang diluncurkan oleh Taliban sejak gencatan senjata belum pernah terjadi sebelumnya pada Juni lalu. Hal itu yang membawa pertempuran antara pasukan keamanan dan Taliban untuk jeda sementara, memberikan bantuan bagi warga Afghanistan yang lelah perang.
 
Ghazni terletak di sepanjang jalan raya Kabul-Kandahar, yang secara efektif berfungsi sebagai gerbang antara Kabul dan kubu militan di selatan.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close