Internasional

11 Anggota Tim Sepak Bola Thailand jadi Biksu

Tim sepakbola remaja Thailand Wild Boars kembali berlatih usai 12 rekannya bebas dari terperangkap di gua (Foto: AFP).

Bangkok: 11 anggota dan satu pelatih dari tim sepak bola Wild Boars yang terjebak di dalam goa selama hampir tiga pekan akan ditahbiskan menjadi biksu, pekan ini.

Mereka akan dicukur gundul, mengenakan jubah dan mengikuti upacara keagamaan Buddha. Setelah diselamatkan dan mendapat perawatan di rumah sakit, mereka sudah diperbolehkan pulang.

Dimulai hari ini, mereka akan menjalani hidup sebagai biksu untuk beberapa hari ke depan dan tinggal di biara sebelum kembali ke kehidupan normal.

Kegiatan ini adalah sebagai ucapan syukur dan juga penghormatan bagi para petugas yang menyelamatkan mereka.

Baca: Tim Sepakbola 'Wild Boars' Thailand Kembali Berlatih

"Anak-anak akan ditahbiskan selama sembilan hari di biara berbeda sampai 4 Agustus," kata Gubernur Chiang Rai, Prachon Pratsakul, dikutip dari Guardian, Selasa 24 Juli 2018.

11 anak-anak pemain sepak bola tersebut akan ditahbiskan menjadi calon biksu, sementara sang pelatih, Ekkapol Chantawong akan ditahbiskan menjadi biksu. Upacara awal akan diadakan di Wat Phra That Doi Wao. 

Di antara mereka, ada satu anak yang tak ikut menjalani ritual Buddha karena menganut agama Kristen. 

Pada 23 Juni lalu, 12 anak anggota tim sepak bola Wild Boars bersama pelatihnya terjebak di dalam Goa Tham Luang selama hampir tiga pekan. 

Upaya penyelamatan ini melibatkan ratusan 100 penyelam dari berbagai negara dan tim penyelamat gabungan. Meski anak-anak serta pelatihnya dapat keluar dengan selamat, seorang penyelam mantan anggota Angkatan Laut Thailand meninggal saat menjalankan operasi penyelamatan tersebut.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close