Internasional

12 ABK WNI Ditelantarkan, Agen Kapal Didesak Bertanggungjawab

Duta Besar RI untuk Senegal, Mansyur Pangeran (tengah). (Foto: KBRI Dakar).

Jakarta: Setidaknya ada 12 ABK WNI yang terlantar di Senegal. Selama satu bulan lebih mereka tinggal di asrama atlet basket, menunggu dipulangkan ke Indonesia. Keberadaan mereka ini sudah diketahui oleh KBRI Dakar.
 
Baca juga: 12 ABK WNI Telantar di Senegal Menunggu Dipulangkan.
 
"KBRI Dakar yang membawa mereka ke asrama atlet basket di Senegal. Benar bahwa sebelumnya mereka tinggal di jalanan sebelum ditemukan. KBRI sudah melakukan pendampingan sejak awal," kata Duta Besar RI untuk Senegal, Mansyur Pangeran kepada Medcom.id, Senin 24 September 2018.
 
"KBRI Dakar terus berupaya menekan pihak agen kapal yaitu Kapal Sheng Hang 802 dan Sheng Hang 810 lewat perwakilan mereka di sini dan juga perusahaan yang mengirim ABK WNI kita untuk segera memulangkan mereka," lanjut dia.
 
Situasi terlantarnya ABK WNI ini terkuak ketika salah satu ABK bernama Yan Cahaya menghubungi Medcom.id, meminta agar permintaan kepulangannya disampaikan ke pemerintah.


12 WNI yang telantar di Senegal. (Foto: Yan Cahaya).
 
Yan, yang sudah tiga bulan bekerja sebagai ABK, mengaku tidak diperlakukan dengan baik oleh kapten kapal berbendera Tiongkok tersebut. Hal serupa juga dialami oleh sebelas teman-temannya.
 
"Sebelumnya, KBRI Dakar sudah memulangkan lima ABK WNI pada awal September lalu. KBRI juga terus berkoordinasi dengan Direktorat Perlindungan WNI Kemenlu RI, BNP2TKI dan tentu tiga perusahaan yang mengirimkan ABK WNI ini ke Senegal," ucap Dubes Mansyur.
 
Ketika ditagih janji oleh KBRI Dakar, pihak agen kapal menjelaskan bahwa pihaknya menunggu keputusan dari perusahannya induknya di Taiwan untuk mengirim biaya pemulangan 12 ABK WNI ke Tanah Air.
 
Dubes Mansyur juga menegaskan bahwa pihak KBRI Dakar secara berkala terus mengunjungi 12 ABK WNI ini di asrama atlet basket. KBRI Dakar juga menyediakan persediaan makanan dan memperhatikan kesehatan para ABK WNI.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close