Internasional

12 Bocah Thailand Berbicara ke Media Hari ini

Dua belas bocah yang terjebak di gua Tham Luang menjalani perawatan di rumah sakit, 14 Juli 2018. (Foto: Thai Ministry of Health/AFP/Getty)

Bangkok: Dua belas bocah laki-laki dan pelatih sepak bola mereka yang telah diselamatkan dari sebuah gua di Thailand akan meninggalkan rumah sakit hari ini, Rabu 18 Juli 2018, dan berbicara kepada media untuk kali pertama.

Tim sepakbola "Wild Boars" itu akan keluar RS satu hari lebih awal dari yang diumumkan sebelumnya. Otoritas Thailand berharap dengan adanya sesi tanya jawab dengan media, maka semua pertanyaan mengenai kasus ini bisa terjawab.

"Alasan adanya konferensi pers ini agar para reporter bisa mengajukan pertanyaan sehingga anak-anak itu dapat pulang ke rumah tanpa perlu diganggu media lagi ke depannya," ujar juru bicara pemerintahan Thailand, Sunsern Kaewkumnerd, kepada kantor berita AFP.

Namun sejumlah pakar mengingatkan kemungkinan adanya trauma jangka panjang yang dialami 12 bocah, yang membuat konferensi pers tidak akan berjalan mudah.

Baca: 12 Remaja Gua Thailand Gagal Nonton Langsung Final Piala Dunia

Sunsern menyebut konferensi pers akan berlangsung selama 45 menit. Sesi tanya jawab akan berlangsung informal dengan sebuah moderator.

"Mereka akan langsung pulang ke rumah setelah konferensi pers," ucap Sunsern. 

Upaya penyelamatan berskala internasional di gua Tham Luang menyedot perhatian dunia. Para bocah dan pelatih mereka terjebak di salah satu gua di provinsi Chiang Rai itu pada 23 Juni. 

Setelah sembilan hari terjebak tanpa makanan dan air yang cukup, mereka ditemukan dalam kondisi memprihatinkan oleh tim penyelam asal Inggris di salah satu sudut gua Tham Luang.

Mereka semua berhasil dikeluarkan dari gua dalam operasi bertahap, yang akhirnya berakhir pada 10 Juli. Seorang penyelam asal Thailand meninggal dunia dalam upaya penyelamatan tersebut.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close