12 Kapal Gabungan Dikerahkan Untuk Atasi Pencemaran Laut Sorong

  • Whatsapp
Ilustrasi Penanggulangan Pencemaran Laut

INDOPOLITIKA.COM- Sebanyak dua belas armada gabungan dikerahkan untuk atasi pencemaran laut Sorong. Hal itu dalam rangka simulasi latihan penanggulangan musibah di Laut (Silamusdila)  yang melibatkan beberapa kapal milik berbagai unsur instansi Pemerintah.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Ahmad mengatakan latihan bersama ini untuk menguji cepat tanggap dalam penanggulangan tumpahan minyak di laut atau Marine Pollution Exercise (Marpolex)

Baca Juga:

“Kegiatan Marpolex di Sorong ini tidak hanya menguji personel dan peralatan, melainkan juga untuk menguji prosedur, alur komando, komunikasi, dan organisasi operasi penanggulangan tumpahan minyak dan pencarian dan pertolongan,” ujarnya.

Ahmad menambahkan, simulasi ini digagas oleh Kantor Kesyahbadaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Sorong, kerjasama ini dilakukan demi mewujudkan dan meningkatkan koordinasi antar intansi di sekirar Sorong, Serta menjaga keselamatan dan keamanan pelayanan serta pelindungan lingkungan maritim.

Sementara  Kepala KSOP Kelas I Sorong M. Takwim Masuku mengatakan kegiatan  ini akan dilakukan secara rutin guna meningkatkan sinergitas antar pemangku kepentingan semakin kuat.

“Dengan adanya latihan gabungan Marpolex ini, masing-masing stakeholder memahami tugas dan fungsinya masing-masing dalam menanggulangi kecelakaan di laut,” tutur Takwim.

Takwim merinci 12 kapal yang dilibatkan dalam latihan ini antara lain, K.N. Kalawai, TB Semar, TB Manuk, KNP 361, Sea Raider/RIB KPLP Sorong, SPOB Sartika 01, Sea Raider TNI AL, SEA Raider Polairud, Sea Raider Basarnas, RIB Navigasi I, RIB K.N. Kalawai, KNP Kurisi.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *