122 Tahun Lalu Paus Paulus VI Lahir

  • Whatsapp
Paus Paulus VI

INDOPOLITIKA.COM- Hari ini 122 tahun yang lalu, Paus Paulus VI lahir. Ia lahir di desa Concesio, provinsi Brescia, Lombardy, Italia. Dia lahir dengan nama Giovanni Battista Enrico Antonio Maria Montini.

Ayah Giovanni Battista, Giorgio Montini adalah seorang pengacara, wartawan, direktur aksi Katolik dan anggota parlemen Italia. Ibunya, Giudetta Alghisi, berasal dari keluarga bangsawan pedesaan. Dia memiliki dua saudara, Francesco Montini, yang menjadi dokter, dan Lodovico Montini, yang menjadi pengacara dan politikus.

Berita Lainnya

Pada 30 September 1897, ia dibaptis dalam nama Giovanni Battista Enrico Antonio Maria Montini. Dia menghadiri Cesare Arici, sebuah sekolah yang dijalankan oleh Yesuit. Pada 1916, ia menerima ijazah dari Arnaldo da Brescia, sebuah sekolah umum di Brescia.

Pada 1916, ia masuk seminari, sekolah imam Katolik Roma. Ia ditahbiskan menjadi imam pada 29 Mei 1920 di Brescia. Ia menduduki jabatan sebagai Paus Gereja Katolik Roma sejak 21 Juni 1963 hingga 6 Agustus 1978.

Tahun-tahun awal kepausannya penuh dengan tugas-tugas konsili ‘warisan’ pendahulunya. Secara keseluruhan masa kepausannya merupakan perwujudan dari hasil Konsili Vatikan II. Ensiklik-ensikliknya seperti populorum progressio (kemajuan bangsa-bangsa) dan ecclesiam suam (Gereja Dia) menunjukkan perhatiannya terhadap masalah-masalah kemasyarakatan dan kesadarannya atas peran baru gereja dalam dunia modern.

Sedangkan mysterium fidei (misteri iman), marialis cultus (penghormatan maria) dan humanae vitae (kehidupan manusiawi) menunjukkan kekokohan hatinya bahwa ia tidak mau berkompromi dengan semangat zaman kita, yang cenderung melonggar.

Setelah persekutuan, Paus menderita serangan jantung. Pada 6 Agustus 1978 pukul 21:41 Paus Paulus VI meninggal dunia di Castel Gandolfo. Ia dimakamkan di gua Vatikan, bukan di makam hiasan, tetapi di kuburan di tanah. Ia dimakamkan di bawah lantai.

Pada 19 Oktober 2014, ia di beatifikasi oleh Paus Fransiskus. Beatifikasi adalah suatu pengakuan yang diberikan gereja terhadap orang yang telah meninggal bahwa orang tersebut adalah orang yang berbahagia.

Beatifikasi diberikan kepada orang yang bekerja keras untuk kebaikan atau memiliki keistimewaan secara spiritual. Dalam sejarah Gereja Katolik, Paus Yohanes Paulus II adalah orang yang menerima gelar Beato tersingkat dalam zaman modern ini yakni 6 tahun dan 1 bulan setelah kematiannya.[sgh]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *