14 September, Presiden AS William Mc Kinley Tewas Dibunuh

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.com-  Peristiwa politik yang terjadi pada 14 September adalah tragedy pembunuhan Presiden AS William Mc Kinley oleh seorang anarkis, pada 14 September 1901. Presiden yang lahir di Niles Ohio, AS 29 Januari 1843 itu meninggal di Buffalo, Kota New York.

Mc Kinley adalah presiden Amerika Sekitar ke-25 yang menjabat sejak 1897 hingga 1901. Mc NKinley berasal dari Partai Republik. Awalnya ia didampingi oleh Wakil Presiden Garret A Hobart, lalu Theodore Roosevelt. Di masa pemerintahannya ia memperluas imperialism Amerika Sekitar ke Kuba dan Hawaii.

Baca Juga:

Di usia yang masih muda, 17 tahun Mc Kinley masuk perguruan tinggi. Namun ia harus meninggalkan bangku kuliah karena gangguan kesehatan.

Setelah itu, akhirnya Mc Kinley berprofesi sebagai pengajar. Pada saat perang saudara di Amerika pecah 1861, Mc Kinley masuk menjadi tentara di usia 18 tahun. Ia berjuang di wilayah Virginia Barat hingga mendapat pangkat Letnan Dua.

Pada usia 34 tahun , MC Kinley menjadi anggota di Kongres. Karirnya melejit berkat kepribadiannya yang menarik, sopan dan cerdas. Ia menjabat anggota Kongres selama 14 tahun. Kemudian terpilih menjadi Gubernur di negara bagian Ohio selama dua kali masa jabatan.

Pada tahun 1896, ia calonkan oleh Partai Republik untuk maju menjadi calon presiden Amerika Serikat. Berkat dukungan temannya yang kaya raya, ia meraih 7 juta suara dari total 14 juta suara yang dipebutkan pada masa itu. (wikipedia/rma)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *