Internasional

150 Imigran Masih Terjebak di Kapal Italia

Para imigran berada di kapal Diciotti di Sicilia, Italia, 23 Agustus 2018. (Foto: AFP/GIOVANNI ISOLINO)

Catania: Kekhawatiran meningkat mengenai kesehatan medis dan psikologis dari 150 imigran yang sudah sepuluh hari berada di kapal penjaga pantai Italia. 

Pemerintah Italia berkukuh tidak akan mengizinkan mereka semua turun sebelum mendapat kepastian dari Uni Eropa.

Namun, seperti dilansir dari AFP, Sabtu 25 Agustus 2018, 16 dari 150 imigran di kapal bernama Diciotti itu diizinkan turun karena alasan medis, termasuk dua yang diduga mengidap penyakit tuberkulosis.

Nasib 150 imigran di pelabuhan Sicilia memicu seruan keras dari kepala badan pengungsi PBB, yang meminta Italia segera mengizinkan mereka turun.

PBB juga meminta sejumlah negara anggota UE untuk menangani para pencari suaka, yang kebanyakan datang dari Eritrea.

Berbicara di Jenewa, Komisaris Tinggi untuk Agensi Pengungsian PBB Filippo Grandi menegaskan bahwa ini saatnya mengakhiri "perdebatan soal siapa yang harus bertanggung jawab" atas nasib para imigran. 

Dia mendesak negara-negara Eropa "untuk melakukan hal yang benar dan menawarkan tempat suaka bagi orang-orang yang diselamatkan dari Laut Mediterania."

Namun, Menteri Dalam Negeri Italia Matteo Salvini bersikeras bahwa para imigran itu harus tetap berada di kapal sampai sesama negara UE berjanji untuk menampung sebagian dari mereka.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close