16 Desa di Babelan Kabupaten Bekasi Masih Dilanda Kekeringan

  • Whatsapp
Warga Kabupaten Bekasi mengantre air bersih

INDOPOLITIKA.COM – Fenomena bencana kekeringan yang melanda wilayah Kabupaten Bekasi tak kunjung usai. Padahal beberapa hari lalu sejumlah wilayah termasuk Kabupaten Bekasi diguyur hujan.

Bahkan, kekeringan meluas hingga ke wilayah Desa Buni Bakti Kecamatan Babelan. Hamparan sawah mengalami kekeringan. Terlihat tanah disawah itu juga retak.

Berita Lainnya

“Biasanya, kita jarang sampai kering gini, ini cukup lama alami kekeringan,” ujar Hertiman (43) seorang warga dan juga petani, Selasa (15/10).

Keringnya area persawahan dikarenakan aliran Kali Irigasi juga telah mengering. Dirinya terpaksa tak menggarap sawahnya dan memilih bekerja sebagai tukang ojek.

“Dulu kan memang nyawah sama ngojek. Tapi kalau kering gini ya ngojek ajalah,” ucap dia.

Kekeringan yang dialami tahun ini lebih para dibandingkan tahun lalu. Hal itu dikarenakan, sebut Hertiman, tahun lalu hanya terjadi dua pekan saja.

“Wilayah kami kan kalau musim kemarau paling terakhir kekeringannya. Dan engga lama sebentar. Tapi ini sudah satu bulan lebih,” kata dia.

Adapun bantuan air telah datang ke wilayahnya, akan tetapi lebih diutamakan untuk keperluan sehari-hari seperti mandi, masak, hingga mencuci.

Adapun bantuan air telah datang ke wilayahnya, akan tetapi lebih diutamakan untuk keperluan sehari-hari seperti mandi, masak, hingga mencuci.

“Dari Pemda kirim air tapi kita lebih pakai buat sehari-hari. Soalnya kan kering juga sumur sama air tanahnya,” kata dia.

Ia berharap agar segera turun hujan dan bisa kembali menanam padi maupun sayuran-sayuran lainnya.

“Ini benar-benar kering kerontang, pingin mah cepet hujan. Bingung kelamaan kemarau gini,” jelas dia.

Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi rutin melakukan pengiriman air bersih setiap harinya ke wilayah terdampak kekeringan.

Hal itu disebabkan karena kemarau panjang yang membuat sejumlah wilayah kekurangan pasokan air.

Satuan Petugas (Satgas) Tenaga Harian Lepas (THL) BPBD Kabupaten Bekasi, Andika Rahman, menuturkan ada sekitar puluhan ribu warga di 16 desa di empat kecamatan hanya bergantung pada bantuan air yang dikirim.

Ia menjelaskan, truk tangki pengiriman air bersih yang dimiliki Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi ada delapan unit. Setiap harinya, kendaraan tersebut selalu dipergunakan untuk mendistribusikan air bersih.

“Jadi kayak di Babelan aja ya kita kirim air langsung diserbu seperti lihat sumber kehidupan,” kata Andika.

Andika menjelaskan kekeringan awalnya hanya dilanda wilayah Kabupaten Bekasi bagian selatan. Akan tetapi terus meluas hingga bagian utara, seperti Desa Buni Bakti Kecamatan Babelan.[ab]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *