18 Lembaga Negara Bakal Dibubarkan Jokowi, Ini Alasannya

  • Whatsapp
Presiden Jokowi saat menyampaikan keterangan pers melalui video, Kamis (7/5/2020).

INDOPOLITIKA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui akan membubarkan 18 lembaga negara dalam waktu dekat.

“Dalam waktu dekat ini ada 18,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/07/2020).

Berita Lainnya

Ia pun beralasan pembubaran lembaga ini untuk menekan anggaran agar bisa dikembalikan ke kementerian maupun ke bagian direktorat.

“Semakin ramping organisasi ya cost-nya kan semakin bisa kita kembalikan. Anggaran, biaya. Kalo pun bisa kembalikan ke menteri kementerian, ke dirjen, direktorat, direktur, kenapa kita harus pake badan-badan itu lagi, ke komisi-komisi itu lagi,” katanya.

Jokowi pun menekankan ingin agar lembaga negara yang ada dapat dibuat seefisien mungkin agar pemerintahan bisa bergerak lebih cepat.

“Saya ingin kapal itu sesimpel mungkin sehingga bergeraknya menjadi cepat. Organisasi ke depan kira-kira seperti itu,” tandasnya.

Jokowi mengibaratkan Indonesia sebagai sebuah kapal. Dia ingin agar kapal membawa beban sesedikit mungkin agar mampu bergerak cepat.

“Bolak balik kan saya sampaikan, negara cepat bisa mengalahkan negara yang lambat. Bukan negara gede mengalahkan negara yang kecil,” ujarnya.

Adapun, keputusan tersebut sejalan dengan ancaman pembubaran lembaga saat sidang kabinet pada 18 Juni 2020 lalu. Kala itu Presiden sudah memikirkan untuk membubarkan lembaga yang tidak mampu beradaptasi dengan baik dalam penanganan Covid-19 dan dampak yang menyertainya.

“Langkah apapun yang extraordinary akan saya lakukan. Untuk 267 juta rakyat kita, untuk negara. Bisa saja membubarkan lembaga, bisa saja reshuffle. Sudah kepikiran ke mana-mana saya,” ujar Jokowi. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *