Internasional

180 Warga Korut-Korsel akan Reuni Keluarga Bulan Ini

Reuni keluarga Korut-Korsel akan digelar bulan ini. (Foto: SCMP)

Seoul: Sekitar 180 warga Korea telah dipilih untuk dapat mengikuti reuni keluarga yang terpisah antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) bulan ini.

Menurut laporan, ada 93 orang dari Korsel dan 88 dari Korut. Reuni keluarga yang terpisah ini akan digelar di Gunung Kumgang, kawasan wisata Korut, pada 24-26 Agustus mendatang. 

Dilansir dari South China Morning Post, Senin 6 Agustus 2018, 93 orang dari Korsel akan diberangkatkan pada 20-22 Agustus. Selanjutnya, mereka akan melakukan pertemuan pada tanggal yang telah ditetapkan.

Reuni keluarga terpisah ini adalah salah satu kesepakatan yang dibentuk antara Presiden Korsel Moon Jae-in dan pemimpin Korut Kim Jong-un, saat bertemu di Panmunjom, April lalu.

Reuni akan menjadi yang pertama kalinya digelar sejak 2015 silam. Sejak 2000, diketahui ada 20 kali reuni keluarga. Namun, karena hubungan Korut dan Korsel memburuk, setelah Oktober 2015, reuni keluarga ditiadakan. 

Ratusan ribu warga Korea tersebut terpisah setelah terjadinya perang Korea 1950-1953 yang mengakibatkan didirikannya garis perbatasan dan melarang siapa pun melintas tanpa izin.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close