2 Warga Kediri Positif Corona Sepulang dari Jakarta dan Surabaya, Salah Satunya Tutup Usia

  • Whatsapp
dr. Bambang Triono Putro

INDOPOLITIKA.COM – Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kediri, dr. Bambang Triono Putro mengungkapkan bahwa dua warga Kabupaten Kediri dinyatakan berstatus positif Covid-19. Satu di antaranya meninggal setelah dirawat secara instensif oleh tim medis RSUD Kabupaten Kediri.

Pria dengan identitas MN (54) merupakan warga Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri telah meninggal pada Selasa (24/3) di RSUD Kediri. Menurut Bambang, pasien memiliki riwayat sakit jantung dan diabetes. Pasien masuk pada Sabtu (21/3/2020).

Bacaan Lainnya

“Karena memiliki faktor risiko dan hasil pemeriksaaan mengarah ke Covid-19, maka selama di RSUD Kabupaten Kediri diberlakukan sebagai pasien PDP, sehingga penanganan dilakukan sesuai SOP yang ada. Sedangkan pasien telah meninggal dunia sebelum hasil swab keluar. Hasil swab akhirnya keluar setelah pasien meninggal, dan hasilnya positif,” jelas Bambang. Kamis (26/3/2020).

Bambang menambahkan, kedua pasien terinfeksi virus Corona setelah melakukan perjalanan dari Surabaya, dan Jakarta. Namun karena pertimbangan kode etik, Bambang mengaku tidak bisa menyebutkan latar belakang pasien secara detail, khususnya terkait profesi dan lingkungan pekerjaan serta semacamnya.

“Secara kode etik kami tidak bisa menyampaikan detil seperti itu,” katanya.

Saat ini satu orang pasien positif Covid-19 tengah diisolasi di RSUD Kabupaten Kediri.

Sebagai antisipasi penyebaran Corona, petugas juga melakukan tracing terhadap semua orang yang berkontak erat dengan pasien. Terhadap semuanya itu, termasuk keluarga, telah diambil tindakan sesuai SOP. “Diisolasi  secara mandiri,” terang Bambang.

Kepada wartawan, Bambang juga menjelaskan kondisi terkini data perkembangan Covid-19 Kabupaten Kediri per 26 Maret 2020 jumlah ODR (Orang dalam Resiko) di Kabupaten Kediri, mencapai 1.440; sebanyak 62 ODP (Orang dalam Pemantauan); dan 4 orang PDP (Pasien dalam Pengawasan). Dua orang dari PDP tersebut telah terkonfirmasi negatif dan sudah diizinkan pulang. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *