Internasional

20 Orang Tewas dalam Kebakaran Hutan di Yunani

Api melalap habis desa-desa di Yunani. (Foto: AFP)

Athena: Setidaknya 20 orang tewas dalam tragedi kebakaran hutan di sejumlah desa di Yunani. Mayoritas korban ditemukan di rumah atau mobil di tepi Laut Mati.

"Kami segera mengevakuasi warga dan turis yang terdampar di pantai-pantai. Kami juga mengonfirmasi bahwa 11 orang terluka parah," kata juru bicara pemerintah Yunani, Dimitris Tzanakopoulos, dikutip dari AFP, Selasa 24 Juli 2018.

"16 orang juga terluka ringan dan semuanya anak-anak. Kami sangat menyesalkan kejadian ini," lanjut dia.

Pelabuhan Rafina, 40 kilometer dari Athena, adalah salah satu lokasi dengan kondisi terbakar paling parah. Di tempat ini, ditemukan sebuah mobil terbakar dengan empat jasad hangus di dekatnya.

"Pencarian korban terus berlanjut. Kami sudah mengerahkan petugas penyelamatan sejak tadi pagi," tegas Tzanakopoulos lagi.

Menurut dia, sembilan kapal patroli pantai, dua kapal militer dan juga kapal milik swasta serta helikopter tentara dikerahkan untuk mengevakuasi warga dan turis dari Rafina.

Untuk sementara, warga dan turis yang berhasil diselamatkan diungsikan ke hotel dan kamp militer. Dengan adanya bencana ini, Perdana Menteri Alexis Tsipras mempersingkat kunjungannya ke Bosnia dan segera kembali ke Yunani.

Di dekat kota Marathon, ratusan warga melarikan diri ke tempat yang aman di sepanjang pantai. Sementara itu, sekitar 600 anak dievakuasi dari kamp liburan di daerah tersebut. 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close