Internasional

200 Tersangka Pembunuhan Ditangkap dalam Satu Hari di Brasil

Unit Khusus Kepolisian Brasil melancarkan sebuah operasi keamanan di Rio de Janeiro, 16 Juli 2018. (Foto: AFP/MAURO PIMENTEL)

Brasilia: Lebih dari 200 tersangka kasus pembunuhan ditangkap dalam kurun waktu satu hari di beberapa wilayah di Brasil, Jumat 24 Agustus 2018.

Serangkaian penangkapan ini merupakan hasil dari operasi terkoordinasi petugas gabungan yang ditekankan pada perang melawan pembunuhan terhadap wanita.

Secara total, Kementerian Keamanan Publik Brasil mencatat lebih dari 1.000 orang ditangkap dalam operasi yang dilakukan sekitar 6.600 polisi di seantero negeri.

Operasi berskala masif ini merupakan bagian dari upaya pemerintah Brasil dalam menekan angka kejahatan, termasuk melonjaknya femicide — istilah untuk pembunuhan terhadap wanita.

Hingga Jumat petang kemarin, total 1.027 orang dewasa dan 75 remaja ditangkap petugas gabungan Brasil. Dari total itu, 14 ditangkap atas tuduhan femicide dan 225 lainnya atas pembunuhan standar.

Sementara 224 orang dituntut atas peredaran narkotika atau kepemilikan senjata ilegal dan 421 lainnya dalam beragam kejahatan.

Menteri Keamanan Publik Raul Jungmann menyebut fokus dari operasi ini adalah perang melawan pembunuhan terhadap perempuan.

"Hal penting bagi kami adalah melindungi nyawa dan memerangi femicide, tipe kejahatan yang sangat tidak dapat diterima," tegas Jungmann, seperti dikutip dari AFP.

"Sejumlah kejahatan lebih serius dari jenis lainnya, terutama yang ditujukan kepada wanita," lanjut dia.

Menurut catatan pemerintah Brasil, kejahatan terhadap wanita di negara tersebut melonjak enam persen pada 2017.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close