24 April Ditetapkan Sebagai Hari Asia-Afrika dan Dibangunnya Asia-Africa Center di Indonesia

  • Whatsapp

Selain menghasilkan tiga dokumen penting, Konferensi Asia-Afrika 2015 juga menghasilkan kesepakatan konkret untuk semakin menyinergikan gagasan-gagasan yang telah dirumuskan. Hasil kesepakatan itu terkait ditetapkannya 24 April sebagai hari Asia-Afrika dan pembangunan Asia-Africa Center di Indonesia.

“Saya juga gembira sidang sepakat menetapkanĀ 24 AprilĀ sebagai hari Asia-Afrika dan menetapkan Bandung sebagai ibu kota solidaritas AA. Dan ini yang penting, mendukung berdirinya Asia-Africa Center di Indonesia,” ucap Presiden Joko Widodo usai penutupan KAA 2015, Kamis (23/4/2015).

Baca Juga:

Penetapan tanggal 24 April itu menilik pada hari terakhir pelaksanaan KAA 1955 yang menghasilkan kesepakatan Dasasila Bandung. Sementara Bandung dipilih sebagai ibu kota solidaritas Asia-Afrika karena menjadi tempat pertama kali dilaksanakannya KAA.

Selain simbol-simbol peringatan dan perayaan itu, Jokowi menyebutkan negara Asia-Afrika telah bersepakat untuk meneruskan konsolidasi dua tahun sekali. Pertemuan akan dilakukan oleh para menteri luar negeri di sela-sela sidang Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di New York.

“Kesepakatan lain yang dihasilkan adalah pentingnya penguatan kerjasama selatan-selatan melalui inisiatif-inisiatif dan program pengembangan kapasitas dan kerja sama teknis,” ucap Jokowi.

Sementara dalam bidang ekonomi, negara-negara Asia dan Afrika bersepakat untuk meningkatkan investasi dan perdagangan yang terbuka. Maka untuk menindaklanjutinya, Asia-Afrika sepakat membentuk Asia Africa Business Council di Jakarta yang merupakan usulan dari forum Asian African Business Summit.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *