Internasional

3 Kapal Perang Jepang Berlabuh untuk Perkuat Kerja Sama

Salah satu kapal perang Jepang JS Kaga berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok. (Foto: Marcheilla Ariesta).

Jakarta: Indonesia dan Jepang sepakat untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang, termasuk dalam pertahanan. Untuk itu, Jepang mengirimkan tiga kapal perang ke Indonesia untuk mengadakan pelatihan.
 
Komandan Misi Asia Tenggara Jepang, sekaligus Komandan Tutsuya Fukuda mengatakan tujuan misi ini untuk mempererat hubungan Jepang dan Indonesia, khususnya di bidang pertahanan.
 
"Selama bersandar di Jakarta, banyak agenda yang kami rencanakan dengan mitra kami di Indonesia, salah satunya pertukaran informasi dengan media, diskusi dan kami juga berencana melakukan pelatihan di sini," tutur Fukuda, di JICT II Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa 18 September 2018.
 
Menurut dia, kehadiran tiga kapal Jepang, Kaga, Inazuma dan Suzutsuki ini berkontribusi tak hanya memperkuat hubungan pertahanan, namun juga kerja sama kedua negara.
 
Sementara itu, Wakil Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut III Denih Hendrata menuturkan kunjungan tersebut penting untuk kerja sama kedua negara. Dia berharap para angkatan laut Jepang yang berkunjung dapat menikmati Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia.
 
"Jika ada hal yang dibutuhkan teman-teman, silakan hubungi kami," imbuh dia.
 
Jepang mengirimkan tiga kapal perang mereka ke Indonesia, dua kapal sedang dan satu kapal besar. Kapal terbesarnya adalah JS Kaga, yang memiliki berat 19.500 ton.
 
JS Kaga disebut-sebut merupakan salah satu kapal perang terbesar milik Jepang. Pasalnya, kapal ini dapat menampung tujuh helikopter tempur dan dua helikopter penyelamat, serta maksimum 28 jet tempur.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close