Internasional

3 Menteri di Bulgaria Dipecat Akibat Kasus Kecelakaan

Boyko Borisov. (Foto: AFP/DIMITAR DILKOFF)

Sofia: Perdana Menteri (PM) Bulgaria Boyko Borissov memecat tiga menteri terkait dengan kecelakaan bus yang menewaskan 17 orang. 

Dia menyatakan para politisi perlu bertanggung jawab atas kecelakaan yang menyebabkan kemarahan publik terhadap keadaan jalan raya yang buruk.

Borissov menuntut pengunduran diri Menteri Tranportasi Ivaylo Moskovski, Menteri Pembangunan Regional Nikolay Nankov dan Menteri Dalam Negeri Valentin Radev.

"Kami menerima seluruh tanggung jawab politik dan karena itu kami mundur," kata Radev dalam jumpa pers, yang juga dihadiri Nankov dilansir dari Antara, Jumat, 31 Agustus 2018.

"Jelas kami tak berusaha mengatur segala sesuatu untuk menghindari kecelakaan seperti itu," lanjutnya.

Lebih 20 orang juga luka-luka dalam kecelakaan yang terjadi di bagian barat laut Bulgaria itu. Bus itu jatuh ke sebuah jurang di dekat kota Svoge.

Ratusan warga masyarakat Svoge, sekitar 40 km sebelah utara Sofia, berunjuk rasa tiap hari sejak kecelakaan tersebut. Mereka menuntut pemeriksaan menyeluruh terhadap bagian jalan tempat kecelakaan terjadi. 

Mereka mengatakan pihak-pihak berwenang berbagai bidang mengabaikan tanda-tanda bahwa jalan belum diperbaiki dengan benar.

Bulgaria, sebuah negara dengan 7 juta penduduk, memiliki tingkat kecelakaan terburuk di Uni Eropa, demikian pula dengan negara tetangganya di Balkan, Rumania. 

Tahun lalu, 678 orang meninggal dalam berbagai kecelakaan lalu lintas di Bulgaria.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close