Internasional

300 Penyu Ditemukan Mati Terperangkap di Meksiko

Ratusan penyu yang tewas di pantai Meksiko (Foto: EPA-EFE).

Meksiko: Sekitar 300 penyu yang terancam punah ditemukan mati terperangkap dalam jaring ikan di lepas pantai selatan Meksiko.
 
Bangkai penyu tersebut ditemukan pada Selasa 28 Agustus 2018, tak lama setelah penemuan 100 penyu lainnya ditemukam mati.
 
Gambar yang diambil menunjukkan penyu mati yang mulai membusuk, terperangkap dalam sebuah benda seperti jaring.
 
"Nelayan di negara bagian selatan Oaxaca menemukan penyu tersebut di daerah tepi pantai Barra de Colotepec," kata Koordinator Agen Perlindungan Sipil Negara, Heliodoro Diaz, seperti dikutip The Straits Times, Kamis 30 Agustus 2018.
 
Reptil yang disebut penyu lekang berukuran sekitar 75 centimeter dengan berat sekitar 45 kilogram ini terancam kepunahannya. Dari Mei hingga September, mereka singgah ke berbagai negara bagian Meksiko di sepanjang Samudera Pasifik untuk bertelur.
 
Meksiko, yang merupakan rumah bagi enam dari tujuh spesies penyu laut dunia, memiliki program tetap untuk melindungi reptil-reptil, termasuk hukuman kriminal bagi pembunuh hewan tersebut.  Kantor pengacara federal untuk perlindungan lingkungan (PROFEPA) mengatakan akan menyelidiki kasus ini lebih lanjut.
 
Penyelidikan terhadap kematian 113 penyu laut yang terancam punah termasuk 102 penyu lekang, enam penyu sisik, dan lima penyu hijau sedang dilakukan oleh pihak berwenang cagar alam di negara bagian selatan Chiapas.
 
"Para ahli mengatakan bahwa kurangnya oksigen, kail ikan atau ganggang yang berbahaya bisa membunuh penyu, namun penyebab lainnya masih dalam penyelidikan," PROFEPA melaporkan. (Khalisha Firsada)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close