Internasional

34 Ribu Domba dari Turki untuk Iduladha di Ethiopia

ilustrasi domba. (Foto: Anadolu)

Addis Ababa: Yayasan Turkiye Diyanet menyumbangkan 34 ribu domba ke Ethiopia saat ratusan ribu Muslim berkumpul di stadion nasional dan Lapangan Meskel di dekatnya di ibu kota Addis Ababa untuk merayakan Hari Raya Iduladha.

Perwakilan Turkiye Diyanet Foundation di Afrika, Yuksel Sezgin, mengatakan organisasi kemanusiaan Turki itu telah menyalurkan domba di antara orang miskin di berbagai daerah Ethiopia.

"Ini yang telah kami lakukan bagi mereka yang membutuhkan di masa lalu, dan kami akan terus melakukan ini," katanya, seperti dilansir dari Anadolu, Rabu 22 Agustus 2018.

Umat Muslim Sunni Ethiopia secara tradisional meliputi sekitar 40 persen dari 102 juta penduduk negara Tanduk Afrika tersebut. Populasi itu menjadikannya yang terbesar kedua di Afrika Sub-Sahara setelah Nigeria.

Namun, masih ada kekhawatiran atas keamanan selama Idul Adha di negara ini.

"Setiap orang memiliki ingatan terbaru tentang apa yang telah terjadi di Meskel Square pada Juni lalu," kata Fedlu Awel, salah satu dari banyak orang yang beribadah, menyerukan nada religius dan menyebut Allahu Akbar di ibu kota.

"Serangan mafia berbasis agama dan etnis yang baru-baru ini terjadi di beberapa bagian negara juga menjadi sumber keprihatinan," tambahnya.

Juni lalu, sebuah granat tangan dilemparkan ke sebuah reli politik dari Perdana Menteri Ethiopia yang baru, Abiy Ahmed. PM Ahmed mengundangkan reformasi demokrasi yang luas sejak menjabat pada April. Ahmed dibawa keluar dari lokasi kejadian tanpa luka, tetapi dua orang tewas dan 156 luka-luka.

Pesan perdamaian, toleransi, dan persatuan mendominasi pidato para pemimpin agama yang berbicara kepada orang banyak.

Kepala Dewan Urusan Agama Islam Ethiopia, Mufti Haji Omer Idris mengatakan kekerasan terhadap agama dan kelompok etnis apa pun tidak Islami.

"Sudah waktunya kembali ke kebijaksanaan dan kewajiban iman dan tradisi perdamaian dan persatuan kita," pungkas dia.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close