44 Jemaah Umrah Terdampak Lockdown Arab Saudi Menunggu Proses Pemulangan

  • Whatsapp
Ilustrasi Umrah

INDOPOLITIKA.COM – Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali memastikan jemaah umrah Indonesia yang saat ini masih berada di Saudi sudah terdaftar semua. Mereka saat ini berada di hotel, menunggu kesiapan maskapai Saudi untuk memulangkan.

“Semua jemaah umrah yang terdampak kebijakan lockdown Saudi sudah terdaftar dalam sistem. Mereka tinggal menunggu jadwal pemulangan,” terang Endang Jumali, kemarin.

Bacaan Lainnya

Menurut Endang, jemaah yang terdaftar berjumlah 44 orang. Semuanya teridentifikasi menggunakan visa umrah.

Dikatakan Endang, pihaknya terus berkomunikasi dengan pihak Saudia Airlines. Dari komunikasi tersebut, diperoleh informasi bahwa jemaah yang akan dipulangkan berdasarkan data yang sudah terdaftar dan dilaporkan oleh KBRI di Riyadh.

“Jemaah saat ini menginap di hotel yang disiapakan oleh penyelenggara umrah yang memberangkatkan mereka. Secara umum kondisinya baik meski mereka berharap bisa segera pulang,” ujar Endang.

Pekan lalu, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi sudah menyampaikan kesiapannya untuk memfasilitasi kepulangan jemaah umrah pasca penutupan penerbangan internasional. Namun, fasilitas itu hanya diberikan bagi jemaah umrah yang masuk Arab Saudi pada periode umrah 1441H.

Bersamaan itu, jemaah umrah diminta  segera lapor melalui situs https://eservices.haj.gov.sa, sampai 28 Maret 2020. Kerajaan Arab Saudi akan menyediakan pesawat penerbangan ke Indonesia dan pembebasan denda keimigrasian untuk jemaah yang telah melakukan registrasi.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *